Ditegur Karena Nada Ketus! Pegawai Samsat Ciputra Semarang Diadukan Warga, Kepala Bapenda Provinsi Jateng Hanya Balas Singkat?

Abah Sofyan

Investigasi Indonesia

Kota Semarang, Jawa Tengah — Pengalaman tak mengenakkan dialami seorang warga saat mengurus pembayaran pajak kendaraan di kantor Samsat yang berada di Mall Ciputra, Kota Semarang. Warga tersebut menyampaikan aduan melalui kanal publik LaporGub bernomor LGWP06846564 tertanggal 17 Juni 2025, atas sikap tak ramah dan nada bicara ketus dari salah satu petugas pria bagian penerimaan berkas.

Kejadian itu berlangsung pada Jumat, 13 Juni 2025 pukul 14.00 WIB, ketika warga tersebut tengah mengantre untuk membayar pajak. Menurut pengakuannya, petugas tersebut terkesan menyuruh dan berbicara tanpa sopan santun, menggunakan nada tinggi serta tidak menerapkan prinsip 3S (Senyum, Sapa, Salam) dalam melayani wajib pajak.

“Kami datang dengan niat baik, rela antre dan bayar pajak, tapi malah disambut dengan nada tidak menyenangkan. Bahkan saya lihat ada bapak tua yang dihardik,” tulis pelapor dalam aduannya.

Bacaan Lainnya

“Kata ‘tolong’ atau ‘silakan’ seharusnya jadi budaya pelayanan. Bukan cuma bilang ‘taruh di sini’, ‘plastiknya copot dulu’, atau ‘duduk Pak/Bu’ dengan nada dingin dan ketus,” tambahnya.

Sementara itu, pelapor justru mengapresiasi petugas kasir yang lebih muda, yang menurutnya sopan, ramah, dan menerapkan 3S dengan baik.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravatar profile
  • Rating